viernes, 28 de junio de 2013

Memperkuat Nilai Kebangsaan Melalui Kepemimpinan yang Berkapasitas dan Berkarakter

Memasuki hari ke tiga program kepemimpinan LPDP 2013 Batch 2 (28/6), tema materi semakin beragam dan "berat". Sesi pertama pagi, peserta diajak untuk memperdalam nilai-nilai kebangsaan Indonesia yang dipaparkan oleh Mayjen TNI Purnawirawan Imam Marsudi dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).   Pemaparan dibuka dengan penjelasan bahwa Indonesia merupakan bangsa majemuk, beragam, yang disatukan dengan konsensus. Ada empat konsensus dalam kehidupan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika. 

Menurut Imam, pemantapan nilai-nilai kebangsaan itu penting karena akan menguatkan kesadaran kebangsaan untuk membangun tanah Indonesia dan menumbuhkan kecintaan dan mengutamakan kepentingan bangsa sendiri. 

Diskusi sempat rehat sejenak untuk memberikan kesempatan kepada peserta menikmati coffee break. Tak lama, diskusi dilanjutkan dengan sesi kedua. Kali ini narasumber yang diundang adalah salah seorang sosiolog dari Universitas Indonesia, Imam B Prasodjo. Tokoh yang kerap tampil di layar kaca ini, memberikan materi mengenai kepemimpinan. Menurut Imam, dua hal yag paling penting dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kapasitas dan karakter. Kapasitas penting dimiliki karena merupakan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan, sedangkan karakter akan menentukan sebuah tindakan. Pemimpin sendiri berarti seseorang yang memiliki kemampuan yang menggerakkan orang lain untuk ikut serta dalam kegiatan yang terencana dengan visi untuk melakukan perubahan nyata kearah kehidupan bersama yang lebih baik dengan memberikan motivasi tanpa kekerasan.

Seorang pemimpin bangsa itu harus memiliki visi kebangsaan. Karena itu untuk menumbuhkan visi kebangsaan pemimpin membutuhkan paling tidak beberapa prasyarat, yaitu civic nationalism, multikulturalisme, inter-group understanding, serta mediation & conflict resolution. Selain itu karakter yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin paling tidak adalah adil, jujur dan bertanggung jawab. 

No hay comentarios:

Publicar un comentario